Posted by : Unknown Rabu, 30 April 2014

MIND MAP STUDIO PERANCANGAN ARSITEKTUR 2



Ini adalah salah satu Mind map yang dapat diterapkan di SPA 2 yaitu konsep desain. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum membuat konsep desain, antara lain yaitu TOR (Term Of Reference), Lokasi, Zoning, Pendekatan Desain, dan akhirnya yaitu gambar Pra-Rancangan (Desain).


1. TOR (Term Of Reference)

    TOR disini berfungsi dalam mempermudah kita untuk membuat sebuah konsep desain. Sub konsep TOR adalah Statement (Pernyataan),didalam statement terdapat penjabaran antara lain yaitu pengertian, latar belakang, tujuan, serta batasan. Sedangkan TOR di SPA 2 ini adalah “merancanakan rumah tinggal dan praktek profesi untuk sebuah keluarga. Dengan anggota keluarga yaitu ayah, ibu, anak laki-laki, anak perempuan, dan seorang asisten rumah tangga”. “Pengertian” disini mengandung  makna yang mendasari sebuah bangunan profesi yang akan kita rancang misalnya pengertian rumah, ruang konsultasi, dan arsitek, karena disini saya akan membuat rumah untuk seoarang arsitek. Latar belakang menjelaskan hal-hal apa saja yang melatar belakangi kita sehingga kita dituntut untuk merancang sebuah bangunan yang diinginkan, sedangkan maksud dan tujuan kita mendesain sebuah bangunan dijelaskan dalam bagian tujuan. Selain, itu batasan menjelaskan hal-hal fisik maupun non-fisik yang membatasi konsep rancangan arsitektural kita.

2.  LOKASI

      Lokasi atau site SPA 2 ini berada di Trangkil dekat dengan akbid. lokasi ini sangat penting karena lokasi sangat mempengaruhi karakteristik desain bangunan. Sub dari lokasi adalah analisa non fisik dan analisa fisik. Analisa non fisik ialah analisa yang berkaitan dengan kenyataan kondisi di sekitar site yang terdiri dari klimatologi, tingkat kebisingan di site tersebut, akses pencapaian,dan pemandangan (view) di sekitar site. Untuk analisa fisik ialah analisa yang berkaitan dengan kebutuhan ruang yang akan kita perlukan nantinya dalam mendesain sebuah bangunan. Analisa fisik dapat dicari dengan mengidentifikasi penghuni, aktivitas penghuni, kelompok ruang, besaran ruang, syarat ruang, hubungan ruang dan terakhir adalah sirkulasi.

3. ZONING

      Zoning adalah pembagian area mana saja yang nantinya digunakan untuk ruang publik, ruang semi publik, ruang privat, dan ruang servis. Ruang-ruang yang terbagi berdasarkan zoning bergantung pada aspek-aspek yang dijadikan sebagai parameter penentuan area zoning tersebut yaitu aspek analisa fisik yang terdiri dari tingkat kebisingan, akses pencapaian, pencahayaan, dan pemandangan. Hasil zoning dari masing-masing aspek tersebut kita simpulkan sehingga membentuk zoning akhir (zoning final) yang nantinya berguna untuk menentukan area publik,semi-publik,privat, dan servis.

4. PENDEKATAN DESAIN

      Pendekatan desain digunakan untuk mempermudah kita dalam mendesain bangunan ini. Apalagi disini kita membuat rumah untuk seorang arsitek, pasti harus mempunyai desain yang menawan dan indah, untuk itu kita harus mempertimbangkan yaitu gubahan massa, ekpresi arsitektural, material, dan struktur. Gubahan masa berkenaan dengan volume bangunan secara keseluruhan, secara teknis bentuk gubahan massa akan mengikuti bentuk denah. Untuk ekspresi arsitektural, kita bisa bermain-main dengan material untuk menciptakan kesan tertentu.

5. GAMBAR DESAIN 

    Tahap terakhir adalah membuat gambar desain. Gambar-gambar desain ini mewakili gambar denah, situasi, potongan, tampak, detail arsitektural, serta gambar-gambar pra-rancangan lainnya yang nantinya diperlukan untuk tahap pelaksanaan.

6. FEED BACK

    Tidak lupa feed back kontrol, hal ini sangat perlu karena terkadang ada beberapa hal di gambar desain yang tidak sesuai dengan data yang ada, maka harus di kaji ulang, agar hasil akhir sama seperti data di lapangan.

Ini dia adalah sedikit penjelasan dari mind map diatas semoga bermanfaat...
TERIMA KASIH....

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Popular Post

Blogger templates

Diberdayakan oleh Blogger.

Blogger templates

- Copyright © architecture -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -