Posted by : Unknown Kamis, 10 April 2014

   Mind mapping merupakan cara untuk menempatkan informasi ke dalam otak dan mengambilnya kembali ke luar otak. Bentuk mind mapping seperti peta sebuah jalan di kota yang mempunyai banyak cabang. Dengan sebuah peta kita bisa merencanakan sebuah rute yang tercepat dan tepat dan mengetahui kemana kita akan pergi dan dimana kita berada. Mind mapping bisa disebut sebuah peta rute yang digunakan ingatan, membuat kita bisa menyusun fakta dan fikiran sedemikian rupa sehingga cara kerja otak kita yang alami akan dilibatkan sejak awal sehingga mengingat informasi akan lebih mudah dan bisa diandalkan daripada menggunakan teknik mencatat biasa. Pengagas mind map adalah Tony Buzan, Tony Buzan lahir di London 1942 dan lulus dari University of British Columbia pada tahun 1964 . Saat mengembangkan pemahaman tentang pikiran manusia , ia belajar psikologi ,neuro fisiologi ,neuro linguistik ,semantik ,informasi ,persepsi dan ilmu-ilmu umum.
      Pada tahun 1971, Tony menyadari bahwa komputer baru datang dengan manual 1000 halaman, sementara manusia dilahirkan dengan otak miliaran kali lebih kuat daripada komputer tapi tanpa manual. Saat itulah ia mulai memvisualisasikan manual operasi untuk otak dan konsep Berpikir Radiant dan Mind Mapping mulai muncul. Tony Buzan sekarang telah menerbitkan lebih dari dua puluh buku tentang otak manusia, kreativitas dan belajar, dan menurut saya dia adalah ahli yang paling berpengalaman di bidang ini.
       Ketika kita mau membuat rangkuman yang hasilnya lebih cepat dan efektif,serta hasil yang baik, kita dapat menggunakan Mind Map untuk membuatnya.
Berikut adalah beberapa contoh:
  • Ketika ingin mempercepat proses belajar. 
Jika kita ingin dapat menyerap pengetahuan lebih cepat, Kita dapat menghemat waktu belajar kita hingga 70 % menggunakan Mind Map tanpa mengurangi informasi.
  • Ketika mengembangkan ide-ide baru.  
Dengan mind map kita dapat mengembangkan ide dengan cepat, serta begitu mudahnya mendatangkan ide ide baru.
  • Ketika bekerja sama dengan orang lain.   
Menggunakan mind map memudahkan kita dalam presentasi sebuah pemikiran atau gagasan kita. Sekaligus kepada rekan kerja kita.
  • Ketika kita perlu memahami sistem yang rumit atau struktur. 
Hal ini kadang-kadang bisa sulit untuk melihat gambaran besar ketika ada ribuan faktor untuk perlu diingat. Tapi dengan mind map, kita sudah memiliki segala sesuatu yang terstruktur, dan kita tidak terganggu oleh masing-masing komponen. Hal ini membuat mudah bagi Kita untuk mendapatkan gambaran dari seluruh proyek.
  • Ketika ribuan situasi lain. 
Tidak ada batas kemungkinan ketika kita menggunakan mind map untuk membuat tugas-tugas kompleks akan lebih mudah untuk ditangani. Serta sangat mudah untuk di pelajari.

Berikut ini adalah manfaat dari mind map :
  1. Mempercepat kemampuan belajar kita
  2. Mampu melihat keterkaitan antara mata pelajaran yang berbeda secara cepat
  3. Mengembangkan teknik pemikiran yang efektif
  4. Memperbanyak ide  
  5. Cepat mendapatkan wawasan tentang gambaran besar dari setiap pekerjaan
  6. Meningkatkan kemampuan kita untuk menghafal dan mengingat
  7. Meningkatkan kita kreativitas
  8. Mengoptimalkan dan menyederhanakan pekerjaan kita, dan masih banyak lagi
Cara membuat mind map:

        Ada beberapa peralatan yang dapat Kita gunakan saat membuat mind map. Menggunakan mind map sebagian besar untuk membuat proses belajar lebih mudah dan lebih efektif - dan untuk dapat melihat bagian-bagian yang berbeda dari struktur yang terhubung dan terkait bersama-sama. Oleh karena itu adalah ide yang baik untuk menggunakan semua alat yang tersedia untuk membuat mind map mudah memahami dan mudah untuk membuat. Perlu diingat bahwa Kita bebas untuk menggunakan semua alat-alat ini di setiap mind map Kita buat, terlepas dari jenis. Ketika digunakan bersama-sama, teknik ini dan alat akan membuat pikiran Kita lebih mudah untuk memahami peta. Dan ketika itu mudah dimengerti, Kita akan memaksimalkan kreativitas dan kemampuan Kita untuk belajar.

Ada beberapa komponen penting yang digunakan untuk membuat Mind Map, antara lain :
1. Garis
     Garis adalah suatu komponen yang paling penting dalam Mind Map karena berfungsi untuk menghubungkan setiap informasi.  Tanpa garis, kita akan kesulitan untuk memahami suatu informasi.  Struktur/pola dari garis yang kita buat juga mempengaruhi cara kita memahaminya.


      Tentunya kita akan kesulitan memahami informasi di atas, karena struktur garisnya berantakan.  Berbeda jika kita membuatnya secara teratur seperti di bawah ini:


            Dengan melihat contoh di atas kita akan mudah memahaminya, karena struktur garisnya teratur, tanpa ada yang tumpang tindih satu sama lain.

2. Simbol
             Penggunaan simbol akan sangat mudah disimpan oleh otak dalam pembuatan Mind Map.  
Contoh:




3. Tata Letak atau Susunan
         Penempatan topik serta bagian-bagian penting dari sub pokok merupakan hal penting dalam pembuatan Mind Map.  Penempatan yang salah dapat menyulitkan kita untuk memahaminya.  Kita perlu mencoba berbagai kombinasi yang sesuai agar Mind Map yang kita buat mudah dipahami. contoh:


4. Warna
        Mind Map yang penuh warna akan lebih mudah dipahami daripada yang tidak berwarna, karena perbedaan warna dapat memperkuat tiap-tiap kategori yang berbeda.


5. Asosiasi
            Asosiasi yaitu kita menghubungkan antara peristiwa/tautan yang satu dengan yang lain.  Dengan sistem asosiasi kita dapat dengan mudah mengingat suatu informasi yang kompleks sekalipun.  Kita hanya perlu mencatat pokok beritanya saja, serta menambahkan dengan sub pokok yang lain secara singkat. Contoh:






Sumber :

Buzan, Tony. (1998). SUPER-CREATIVITY. New York: St. Martin's Press.
Ingemann, Marcus. The Power of Mind Mapping!. FortuneWell.com

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Popular Post

Blogger templates

Diberdayakan oleh Blogger.

Blogger templates

- Copyright © architecture -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -